flickr/kaltim box

Beruang madu atau bernama latin (Helarctos malayanus) merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang ini adalah fauna khas dari provinsi Bengkulu sekaligus sebagai simbol dari provinsi tersebut.Beruang madu juga merupakan maskot dari kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Beruang madu di Balikpapan dikonservasi di sebuah hutan lindung bernama Hutan Lindung Sungai Wain dan jika kalian ingin berkunjung bisa mampir ke penangkaran beruang madu di km 23, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Habitat Beruang madu biasanya terdapat di hutan-hutan primer, hutan sekunder dan sering juga di lahan-lahan pertanian, mereka biasanya suka berada di pohon pada ketinggian 2 - 7 meter dari tanah, dan suka mematahkan ranting pohon untuk membuat sarang. Habitat beruang madu terdapat di daerah hujan tropis Asia Tenggara. Penyebaran Beruang Madu terdapat di pulau Kalimantan, Sumatra, Indocina, Cina Selatan, Burma, serta Semenanjung malaya. Oleh karena itu jenis ini tidak memerlukan masa hibernasi seperti beruang lain yang tinggal di wilayah empat musim. Beruang madu pada masa lalu diketahui tersebar hampir di seluruh benua Asia, namun sekarang menjadi semakin jarang akibat kehilangan dan fragmentasi habitat.