Foto by: Pexels

Bekantan dengan nama latin Nasalis larvatus adalah jenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus Nasalis. Bekantan merupakan fauna identitas provinsi Kalimantan Selatan ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti proboscis monkey atau long-nosed monkey dalam bahasa Inggris, Bekantan merupakan hewan endemik pulau Kalimantan yang tersebar di hutan bakau, rawa dan hutan pantai. Ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan.

Bekantan ditempatkan dalam status terancam punah (endangered) di dalam daftar merah IUCN, Berdasarkan penangkapan liar yang terus berlanjut, hilangnya hutan, dan keterbatasan habitatnya, Spesies ini dilindungi baik oleh organisasi dunia maupun pemerintah Indonesia. Ia ditempatkan dalam CITES apendiks I.

Monyet Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 monyet. Sistem sosial bekantan pada dasarnya adalah one-male group, yaitu satu kelompok terdiri dari satu jantan dewasa, beberapa betina dewasa dan anak-anaknya. Selain itu juga terdapat kelompok all-male, yang terdiri dari beberapa bekantan jantan.